Pengertian Fotografi


Fotografi  (serapan dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu “Photos”: cahaya dan “Grafo”: Melukis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.

Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya dengan menggunakan alat yang disebut kamera (camera). Tanpa adanya pantulan cahaya, tidak ada foto yang bisa ditangkap oleh kamera.

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat guna menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Kemudian, setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, fotografer tersebut bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), Diafragma (Aperture), dan Kecepatan Rana (Speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (Exposure). Di era fotografi digital seperti saat ini, dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Bila pengertian fotografi adalah proses seni melukis dengan media cahaya, maka setiap orang bisa melakukan kegiatan fotografi jika mempunyai sebuah kamera, tetapi apakah semua orang dapat menghasilkan sebuah seni?

Seni yang paling utama dalam fotografi adalah komposisi, dengan komposisi yang baik maka foto yang dihasilkan akan mempunyai makna dan cerita yang bisa disampaikan.

Tetapi yang paling utama adalah bagaimana cara mendalami seni fotografi tersebut. Setelah mengetahui pengertian fotografi secara umum, lalu apa yang ada di pikiran anda tentang fotografi?

Fotografi adalah sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar/foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera dengan maksud dan tujuan tertentu.

Kesimpulan


Fotografi adalah adalah kegiatan seni, dan jenis fotografi ada bermacam-macam. Untuk itu dibutuhkan seorang fotografer yang betul-betul mengerti seni dan jenis fotografi yang ada pada dirinya.  Tetap semangat belajar fotografi dan tingkatkan kualitas fotografi Indonesia.

Sejarah Fotografi


Sejarah Fotografi dimulai pada abad ke-19, tepatnya pada Tahun 1839. Pada saat itu, di Perancis dinyatakan secara resmi bahwa fotografi adalah sebuah terobosan teknologi.Aritoles pada abad ke-3 SM dan seorang ilmuwan Arab Ibnu Al Haitam (Al Hazen) pada abad ke-10 SM, yang berusaha untuk menciptakan serta mengembangkan alat yang sekarang dikenal sebagai kamera.Penelitian terus berlanjut hingga pata tanggal tanggal 19 Agustus 1839, Louis-Jacques Mande’ Daguerre (1787-1851) dinobatkan sebagai orang pertama yang berhasil membuat foto yang sebenarnya: sebuah gambar permanen pada lembaran plat tembaga perak yang dilapisi larutan iodin yang disinari selama satu setengah jam cahaya langsung dengan pemanas merkuri (neon).Fotografi kemudian berkembang dengan sangat cepat. Melalui perusahaan Kodak Eastman, George Eastman mengembangkan fotografi dengan menciptakan serta menjual roll film dan kamera boks yang praktis, sejalan dengan perkembangan dalam dunia fotografi melalui perbaikan lensa, shutter, film dan kertas foto.Tahun 1950, untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex maka mulailah digunakan prisma (SLR), dan Jepang pun mulai memasuki dunia fotografi dengan produksi kamera Nikon yang kemudian disusul dengan Canon. Tahun 1972 kamera Polaroid temuan Edwin Land mulai dipasarkan. Kamera Polaroid mampu menghasilkan gambar tanpa melalui proses pengembangan dan pencetakan film.Kemajuan teknologi turut memacu fotografi secara sangat cepat. Kalau dulu kamera sebesar tenda hanya bisa menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam, kini kamera digital yang cuma sebesar dompet mampu membuat foto yang sangat tajam dalam ukuran sebesar koran.

Indigo Frame Photo Videography Wedding Motion Graphic Bumper Iklan TVC Video Explainer Malang Posting - Ilustrasi 1
image by freepik.com

Related Post

Foto Produk Malang – Indigo Frame JASA FOTOGRAFI PRODUK di MALANGLayanan Jasa Fotografi untuk Kemasan dan Produk di Malang. Fotografer Produk di Malang Hi.. Indigo Frame adalah salah...
Vendor Video Malang – Indigo Frame Videograf... VENDOR VIDEO MALANGVendor Video Malang, layanan jasa dokumentasi video untuk berbagai keperluan baik wedding, seminar, ulang tahun, berbagai event, da...
Foto Wedding Malang – Indigo Frame Foto Wedding MalangLayanan Jasa Dokumentasi Fotografi Wedding di Malang.Foto Wedding Malang Hi.. Indigo Frame adalah salah satu vendor yang melayani ...
Prewedding Package Malang – Foto dan Video Photography & Videography Prewedding MalangPhotography & Videography Prewedding Malang. Paket Jasa Dokumentasi Fotografi dan Videografi Untuk ...